Informasi dan Komunikasi Publik

Tugas

Menyusun rencana dan program kerja bidang, menyiapkan bahan perumusan kebijakan, koordinasi, fasilitasi, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan bidang pengelolaan informasi dan komunikasi publik, sarana komunikasi diseminasi dan informasi, peliputan dan publikasi. Bidang Informasi dan Komunikasi Publik dipimpinoleh seorang Kepala Bidang yang berkedudukan di bawah dan bertanggung-jawab kepada Kepala Dinas.

Fungsi

  • Penyusunan rencana dan program kerja, pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan bidang informasi dan komunikasi publik.
  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, koordinasi, fasilitasi, pengawasan dan pengendalian, pembinaan teknis pengelolaan informasi dan komunikasi publik.
  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan, koordinasi, fasilitasi, pengawasan dan pengendalian, pembinaan teknis sarana komunikasi diseminasi dan informasi.
  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, koordinasi, fasilitasi, pengawasan dan pengendalian, pembinaan teknis peliputan, publikasi dan persandian.
  • Pengoordinasian pelaksanaan tugas-tugas seksi pada Bidang Informasi dan Komunikasi Publik.
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Dalam menjalankan fungsi diatas, Bidang Informasidan Komunikasi Publik dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang dibantu oleh 3 (tiga) Seksi, Yaitu : SeksiPengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, SeksiSarana Komunikasi Diseminasi dan Informasi dan SeksiPeliputan dan Publikasi, yang masing-masing memilikitugas sebagai berikut ;

  1. Seksi Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, mempunyai tugas :
    • Menyusun rencana dan program kerja, mengumpuldan mengolah bahan perumusan kebijakan teknis, koordinasi, fasilitasi, monitoring, evaluasi dan petunjuk teknis pengelolaan informasi dan komunikasi publik, melaksanakan pelayanan opini dan aspirasi publik, penyediaan konten lintas sektoral, pengelolaan informasi untuk mendukung kebijaksanaan nasional dan pemerintah daerah, dan memberikan pelayanan dan penyediaan akses informasi publik.
  2. Seksi Sarana Komunikasi Diseminasi dan Informasi, mempunyai tugas :
    • Menyusun rencana dan program kerja, mengumpul dan mengolah bahan perumusan kebijakan teknis, koordinasi, fasilitasi, monitoring, evaluasi, pelaporan dan petunjuk teknis sarana komunikasi diseminasi dan informasi, melaksanakan pembinaan kelompok informasi, media tradisional dan forum komunikasi dan penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik.
  3. Seksi Peliputan dan Publikasi, mempunyai tugas :
    • Menyusun rencana dan program kerja, mengumpul dan mengolah bahan perumusan kebijakan teknis, koordinasi, fasilitasi, monitoring, evaluasi, pelaporan dan petunjuk teknis peliputan dan publikasi, melaksanakan pelayanan kerjasama dengan media massa, peliputan dan penyiaran kegiatan pemerintahan dan non pemerintahan dan pengelolaan media center.