PKK SINGKAWANG GALI POTENSI KULINER HASIL PEKARANGAN

Singkawang, MC – Tim Penggerak PKK Kota Singkawang menggali potensi kuliner yang bersumber dari hasil pekarangan menjadi makanan ringan melalui diversifikasi pangan daun-saingan diolah menjadi aneka keripik. 
Penggalian potensi diawali dengan menyelenggarakan Training Of Trainer (TOT) kepada para pengurus Tim Penggerak PKK, bertempat di Rumah Dinas Wakil Wali Kota Singkawang, Jumat ( 26/6/2020).
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Singkawang,  Juli Wahyuni mengungkapkan tujuan dilaksanakannya program diversifikasi pangan ini sebagai upaya memberikan motivasi kepada masyarakat khususnya kader PKK agar lebih giat lagi dalam memanfaatkan pekarangan rumahnya.
“diharapkan dengan para kader PKK memiliki keterampilan mengolah makanan daun-daunan yang selama ini hanya dimanfaatkan sebagai sayuran atau obat-obatan, ternyata bisa diolah menjadi keripik atau peyek. Mudah-mudahan semakin semangat mengelola lahan pekarangan untuk ditanami dengan aneka tumbuhan yang bermanfaat,” kata Juli.
Juli menyebutkan dengan diversifikasi pangan ini diharapkan juga dapat meningkatkan upaya kader PKK dalam mencari tambahan untuk keluarganya dan sekaligus menjadi kontribusi dalam mewujudkan Singkawang sebagai Kota pariwisata.
“Bahan makanan yang sudah diolah menjadi camilan ini kalau dijual akan memberi keuntungan pada para kader dan bisa dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung di Singkawang,” ujarnya.
Sementara itu, Sri sebagai nara sumber pengolahan aneka keripik yang didatangkan dari Pontianak mengungkapkan rasa syukurnya karena sudah diberi kepercayaan oleh ketua TP. PKK Kota Singkawang dalam kegiatan pengolahan keripik.
“Ikhlas dan bahagia itu yang saya rasakan begitu tahu bahwa tujuan dari pelatihan Pengolahan keripik ini selain untuk meningkatkan keterampilan dan pendapatan para kader PKK, juga ada tujuan untuk akhirat. Karena sebagian keuntungan akan dipergunakan untuk menunjang kegiatan sosial, seperti memberi santunan. Nah untuk itu, saya sangat bahagia dapat berkontribusi dalam hal ini, semoga bisa menjadi ladang amal ibadah,” ungkapnya.

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Get in Touch

20,669FansLike
2,366FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Posts