E-Governmet & Telematika

a. Tugas
Menyusun rencana dan program kerja, menyiapkan bahan perumusan kebijakan, koordinasi, fasilitasi, monitoring, evaluasi dan pelaporan serta pelaksanaan kegiatan bidang e-government dan telematika yang meliputi infrastruktur dan telematika, pengembangan, pengelolaan aplikasi dan data center dan layanan e-government.

b. Fungsi :
– Penyusunan rencana dan program kerja, pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan bidang egovernment dan telematika.

– Penyiapan bahan perumusan, teknis, koordinasi, fasilitasi, pengawasan dan pengendalian, pembinaan teknis, infrastruktur dan telematika.
– Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, koordinasi, fasilitasi, pengawasan dan pengendalian, pembinaan teknis pengembangan, pengelolaan aplikasi dan data center.
– Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, koordinasi, fasilitasi, pengawasan dan pengendalian, pembinaan teknis layanan e government.
– Pengkoordinasian pelaksanaan tugas-tugas seksi pada Bidang E-Government dan Telematika.
– Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Dalam menjalankan fungsi diatas, Bidang E-Government dan Telematika dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang dibantu oleh 3 (tiga) Seksi, Yaitu : Seksi Infrastruktur dan Telematika, Seksi Pengembangan, Pengelolaan Data dan Aplikasi, Seksi Layanan E-Government, yang masing-masing memiliki tugas sebagai berikut:

1) Seksi Infrastruktur dan Telematika, mempunyai tugas :
– Menyusun rencana dan program kerja, mengumpul dan mengolah bahan perumusan kebijakan teknis, koordinasi, fasilitasi, monitoring, pengolahan data, evaluasi, pelaporan dan petunjuk teknis infrastruktur dan telematika, melaksanakan layanan infrastruktur dasar data center, disaster recovery center dan TIK pemerintah, dan layanan akses internet dan intranet, layanan sistem komunikasi intra Pemerintah Kota Singkawang dan layanan keamanan informasi.

2) Seksi Pengembangan, Pengelolaan Data dan Aplikasi, mempunyai tugas :
– Menyusun rencana program kerja, mengumpul dan mengolah bahan perumusan kebijakan teknis, koordinasi, fasilitasi, monitoring, pengolahan data, evaluasi, pelaporan dan petunjuk teknis pengembangan pengelolaan data dan aplikasi, melaksanakan pelayanan manajemen data dan informasi e-goverment dan statistik sektoral lingkup daerah, layanan pengembangan dan pengelolaan aplikasi generik, spesifik dan suplemen yang terintegrasi, pelaksanaan integrasi layanan publikasi dan kepemerintahan, dan penyelenggaraan ekosistem TIK
smart city dan layanan call center 112 serta pengelolaan data center.

3) Seksi Layanan E-Government, mempunyai tugas :
– Menyusun rencana program kerja, mengumpul dan mengolah bahan perumusan kebijakan teknis, koordinasi, fasilitasi, monitoring, evaluasi, pelaporan dan petunjuk teknis pengelolaan layanan e-goverment, melaksanakan Goverment Cheif Information Officer (GCIO) Pemerintah Kota Singkawang, pengembangan sumber daya TIK Pemerintah Kota Singkawang dan masyarakat, penyediaan layanan nama domain dan sub domain bagi
lembaga, pelayanan publik dan kegiatan kota, layanan
keamanan informasi e-goverment, Sistem Pelayanan
Pengadaan Barang / Jasa secara Elektronik (SPSE) dan
memfasilitasi daerah kepada portal pengadaan nasional.