Sambutan Kepala Dinas

Salam Kerja dan Selalu Berkarya

Dinas Komunikasi dan Informatika merupakan salah satu OPD di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang yang mempunyai tugas dan fungsi untuk melaksanakan kewenangan dibidang urusan wajib yaitu Komunikasi dan Informatika.

Dinas Komunikasi dan Informatika terdiri dari satu Sekretariat dan tiga bidang yaitu Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), E-Government dan Telematika, dan Statistik dan Persandian.

Saat ini, kita mengalami revolusi budaya hidup ketika teknologi informasi dan komunikasi (tik) serta inovasi makin masuk ke dalam kehidupan, tidak hanya memengaruhi pola kehidupan bermasyarakat tetapi juga telah memengaruhi dan mengubah pola kerja di berbagai sektor baik sektor private maupun sektor publik (di lingkungan birokrasi pemerintahan). 

Pengaruh TIK dengan segala inovasinya dalam birokrasi pemerintahan semata-mata hanya untuk memberikan pelayanan prima bagi seluruh masyarakat. Pemberian pelayanan prima kepada masyarakat merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama seluruh instansi penyelenggara negara, dan dengan dukungan regulasi dan penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) maka diharapkan kualitas pelayanan publik akan semakin dapat ditingkatkan secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Pada era industri 4.0 ini, kita dipicu oleh pemanfaatan teknologi tingkat tinggi dalam menyelenggarakan pemerintahan.  Satu prinsip yang menjadikan era baru ini semakin kompleks adalah adanya kesadaran yang perlu dibangun melalui semangat “saling berbagi” atau yang kita kenal dengan knowledge-sharing. Realitas ini kita dituntut untuk secara aktif berkolaborasi.

Pemerintah telah menetapkan regulasi yang mengatur tentang implementasi e-government yaitu peraturan presiden nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Pada prinsipnya Perpres 95 Tahun 2018 ini merupakan platform kebijakan SPBE untuk keterpaduan pembangunan SPBE.

Di instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang secara umum ada 2 (dua) tujuan dari Sistem Pemerintahan Berbasis Elektrionik (SPBE) ini yaitu: mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel; dan mewujudkan efisiensi dan keterpaduan penyelenggaraan SPBE. Untuk itu diharapkan kita semua dapat melaksanakan perpres SPBE ini dengan semangat kerja sama dan sinergitas yang baik guna menyukseskan implementasi e-government yang semakin masif.

Pemerintah juga telah menetapkan regulasi terkait dengan  penyelenggaraan data yaitu Peraturan Presiden No 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia (SDI).

Perpres Satu Data Indonesia ini dimaksudkan untuk mengatur penyelenggaraan tata kelola data yang dihasilkan oleh instansi pusat dan instansi daerah, dengan tujuan untuk, mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah serta mendorong keterbukaan dan transparansi data sehingga tercipta perencanaan dan perurmusan kebijakan pembangunan yang berbasis pada data.

Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Kominfo senantiasa berupaya untuk mewujudkan keberhasilan penerapan TIK pada pemerintahan (e-government). Pemerintah Kota Singkawang telah memasuki babak baru, yaitu dengan penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau yang kita kenal dengan SPBE atau e-government.

Visi ketiga Wali Kota Singkawang bersama Wakil  Wali Kota kami mengemban visi misi “singkawang hebat” adalah bersih, tegas, amanah dan efektif dalam penyelenggaraan tata kelola pemerintahan, yang dituangkan dalam misi keempat yaitu Mewujudkan Pemerintahan Yang Bersih, Tegas, Amanah dan Efektif Yang Berorientasi Pada Pelayanan Publik Yang Prima Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Berbicara TIK kita juga harus memperhatikan regulasi serta sarana dan prasarana pendukungnya yaitu, tata kelola, infrastruktur, perangkat keras maupun perangkat lunak, serta peningkatan kapasitas sdm tik. Tahun 2019 Pemerintah Kota Singkawang telah membuat 5 (lima) regulasi yang berkaitan dengan TIK yang tertuang dalam peraturan walikota singkawang yang mengatur  tentang tata kelola infrastruktur, tata kelola data dan informasi, tata kelola aplikasi, kebijakan umum penyelenggaraan e-government dan tata kelola kelembagaan dan sumber daya manusia teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan pemerintah kota singkawang, jadi lengkaplah sudah regulasi kita untuk penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Lingkungan Pemerintah Kota Singkawang.

Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika membangun sebuah control room yang diberi nama Telematics Control Management Room sebagai tempat dan tools pengambilan segala bentuk kebijakan, baik untuk mendukung rencana aksi dan program kerja Pemerintah Kota Singkawang, serta sebagai tempat memonitor aplikasi–aplikasi milik OPD di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang, melakukan video conference secara internal pemkot singkawang maupun dengan kabupaten kota provinsi maupun kementerian lembaga. Ruang kendali telematika ini telah menjadi sebuah keperluan di masa kini, dimana integrasi data sangat diutamakan sebagai pusat visualisasinya, baik yang diperoleh melalui online, offline, internal maupun eksternal yang disajikan secara bersamaan di sebuah layar lebar video wall.

Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, namun hari ini kita juga harus siap dengan tantangan yang lebih besar dari masa depan yang telah menunggu kita. Kita sama-sama berharap dapat menjawab tantangan zaman secara kolaborasi mewujudkan visi misi SINGKAWANG HEBAT.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang

Drs. AHYADI, MM