PRESTASI

BADAN PUBLIK INFORMATIF 2020

Pemerintah Kota Singkawang mendapatkan Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik tahun 2020 sebagai “BADAN PUBLIK INFORMATIF” kategori Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat.

Mitra Bhakti Husada Tahun 2020

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang mendapatkan penghargaan Mitra Bakti Husada (MBH) dari Kementerian Kesehatan Tahun 2020, kegiatan penyerahan piagam penghargaan dari Menteri Kesehatan RI Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad. (K) yang dilaksanakan secara daring/virtual bersamaan dengan puncak acara Hari Kesehatan Nasional ke-56, Kamis (12/11/2020).

Penghargaan MBH didapat Dinas Kominfo dari penilaian mandiri penerapan Protokol Kesehatan dan pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja(K3) di Perkantoran dari Kategori Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Se-Indonesia.

Penghargaan KPU Untuk Badan Ad Hoc dan Para Pihak Yang Terlibat Dalam Menyukseskan Pemilu 2019

 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang menggelar penganugerahan penghargaan dalam Pemilihan umum (Pemilu) 2019 di Hotel Swiss Belinn, Singkawang Barat, Kamis (12/12/2019).

Kegiatan tersebut merupakan momentum penghargaan terhadap Badan Ad Hoc dan para pihak yang terlibat dalam menyukseskan Pemilu 2019.

Badan Publik Informatif Peringkat 3 Tahun 2019

Badan Publik Informatif Peringkat 3 oleh Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat. Pontianak, 5 Desember 2019

Media Center Teraktif Tahun 2018

Kiprah Media Center Kota Singkawang dalam menyampaikan informasi Pembangunan maupun potensi daerah kepada masyarakat kembali mendapat apresiasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Media Center Singkawang yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menerima penghargaan sebagai Media Center Daerah Teraktif Tahun 2018.

Penghargaan diserahkan oleh Direktur Pengelolaan Media Ditjend Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI, Siti Meiningsih di Bogor, Rabu (13/2/2019).

25 Kota Perintis Smart City Tahun 2017

Pada tahun 2045, diperkirakan sebanyak 82,37% penduduk Indonesia hidup di kota. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah konsep kota pintar yang dapat memberikan tempat tinggal layak huni bagi masyarkat serta meningkatkan efisiensi pelayanan publik. Smart city atau kota pintar merupakan sebuah konsep pengembangan perkotaan dengan mengimplementasikan kemajuan teknologi sehingga memungkinkan adanya interaksi antara pemerintah dengan warganya. Untuk memanfaatkan potensi tersebut secara efektif, salah satu strategi yang dilakukan pemerintah adalah melalui Gerakan Menuju 1000 Smart City.

Saat ini sebanyak 25 kota dan kabupaten telah menjadi perintis Smart City Indonesia 2017, yaitu: Kota Jambi, Kab. Pelalawan, Kab. Siak, Kab. Banyuasin, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kab. Purwakarta, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Cirebon, Kota Sukabumi, Kab. Sleman, Kota Semarang, Kab. Banyuwangi, Kab. Bojonegoro, Kab. Gresik, Kab. Sidoarjo, Kab. Badung, Kota Singkawang, Kab. Kutai Kartanegara, Kota Samarinda, Kota Makassar, Kota Tomohon, dan Kab. Mimika.

Fokus pengembangan yang dilakukan oleh pemerintah adalah menyediakan sarana prasarana dasar perkotaan, meningkatkan sarana ekonomi, mengembangkan keamanan kota berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan, dan sosial budaya, menyediakan sarapan permukiman yang layak dan terjangkau, serta mengembangkan system transportasi publik yang terintegrasi sesuai tipologi kota dan kondisi geografis. Rancangan smart city ini diharapkan dapat membantu solusi perkotaan seperti adanya transparansi dan partisipasi publik, transportasi publik, transaksi non-tunai, menajemen limbah, energy, keamanan, data, dan informasi.

Penghargaan Media Center Terbaik VII Tingkat Nasional Tahun 2016

Media Center Kota Singkawang kembali meraih piagam penghargaan media center terbaik VII kategori kontribusi berita dan terbaik sembilan kontribusi foto tingkat Nasional melalui portal infopublik.id.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang Ahyadi, saat kegiatan Bimtek Petugas Pengelolaan Media Center Daerah, di Hotel Novotel Tangerang, Senin (27/2/2017).

Juara Pertama Apresiasi Pertujukan Rakyat Media Tradisional Kalimantan Barat Tahun 2016

 Utusan dari Kota Singkawang keluar sebagai juara pertama dalam  Apresiasi Pertujukan Rakyat Media Tradisional  yang digelar oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat, di Aula Kantor Bupati Bengkayang, Selasa (31/5/2016).

Pertunjukan rakyat  media tradisional  ini diikuti sembilan utusan kabupaten/ kota se- Kalimantan Barat seperti Kota Singkawang, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Kapuas Hulu, Kota Pontianak, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Sambas, dan Kabupaten Kayong Utara.

Media Center Singkawang Terbaik Ketiga Tingkat Nasional Tahun 2015

Media Center Pemerintah Kota Singkawang, Kalimantan Barat meraih piagam penghargaan terbaik ketiga dari lima media center terbaik tingkat nasional kategori Kontribusi Foto melalui portal info publik.id.

Penghargaan Pemkot Singkawang diserahkan disela kegiatan Bimbingan Teknis Tata Kelola Media Center Daerah dan Jurnalistik Online yang digelar Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika di Hotel Four Point By Sheraton Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (29/4/2016)

Media Center Terbaik Pertama Nasional Tahun 2014

Media Center Pemerintah Kota Singkawang, Kalimantan Barat meraih media center terbaik tingkat nasional Tahun 2014.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik melalui Direktur Pengelolaan Media Publik (PMP) Kemkominfo RI, Sunaryo, di Hotel Mercure, Pontianak. Rabu (20/5/2014).

Dalam kesempatan tersebut, Direktur PMP Sunaryo di dampingi oleh Kasubbdit Media Online Drs. Hipolyptus Layanan memberikan piagam penghargaan kepada Pengelola Media Center Terbaik tahun 2014 yakni Media Center Provinsi Riau, Media Center Kota Batam dan Media Center Kota Singkawang Propinsi Kalimantan Barat.

Media Center Terbaik Pertama Nasional Tahun 2013

Penghargaan “Media Center Terbaik I” tingkat Nasional Tahun 2013, yang  diserahkan langsung oleh Dirjen Informasi Kominikasi Publik Kemkominfo Freddy H. Tulung, di Bandung, Selasa (10/12).

Anugerah Media Humas Tingkat Nasional Tahun 2013

Buletin humas Pemkot Singkawang berhasil meraih terbaik lima secara nasional pada anugerah media humas tingkat nasional, yang penganugerahaan digelar Hotel Sunan Solo, Rabu (20/11/2013).

Penghargaan diberikan oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, Freddy H. Tulung.

Anugerah Tanda Penghaargaan Pengabdian (SEWAKA) 2013

Pengelola Media Center Kota Singkawang, Istri Handayani, menerima Anugerah Tanda Penghaargaan Pengabdian (SEWAKA) dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Tifatul Sembiring, dalam upacara HUT Kemerdekaan ke-68 RI di Lapangan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Jakarta, Sabtu (17/8/2013). Keberadaan Media Center di daerah diharapkan menjadi fasilitas yang dimanfaatkan oleh masyarakat, SKPD, dan organisasi masyarakat khususnya dalam memperoleh dan menyebarluaskan informasi.

Pembina PLIK Terbaik Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2012

Media Center Terbaik Pertama Nasional Tahun 2012

Dirjen Informasi Komunikasi Publik (IKP), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Freddy H Tulung menyerahkan langsung piagam penghargaan rangking pertama media center terbaik kepada Kota Singkawang, di Sahid Imara Hotel Palembang, Sumatera Selatan, Kamis, (16/2/) malam.

Media Center Terbaik Pertama Nasional Tahun 2011