Jumat, 19 Agustus 2022

KOMINFO SINGKAWANG JALIN KERJASAMA DENGAN LAPAN UNTUK PEMANTAUAN TITIK PANAS

Singkawang – Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang melakukan kerjasama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional dalam hal pemanfaatan data penginderaan jauh dari satelit yang dimiliki LAPAN. Petemuan kerjasama ini dilakukan secara virtual daring antara Pustek Data LAPAN, Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer LAPAN Pontianak, Dinas Kominfo Singkawang dan Polda Kalbar, Jumat (19/3/2021).

Kepala Seksi Pengembangan Pengelolaan Aplikasi dan Data, Dinas Kominfo Kota Singkawang mengatakan kerjasama dalam hal pemanfaatan data citra dan penginderaan jauh ini, merupakan aplikasi untuk memonitoring titik panas di wiliayah Singkawang, oleh karena itu pihaknya mengajukan hak akses yang akan diintegrasikan dengan aplikasi untuk penyajian datanya.

“Aplikasi ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh BPBD, Dinas LH, Damkar maupun instansi Vertikal lainnya dalam mengamati titik panas di Kota Singkawang, yang bisa dimanfaatkan untuk warning kebakaran hutan dan lahan di Kota Singkawang,” katanya.

Hery mengatakan Lapan memberikan API (Application Programming Interface) yang dipanggil secara system dengan penyajian yang real time.

“Ada confidence level atau tingkat kepercayaan dari penyajian data tersebut, serta koordinat untuk mencari objek panas tersebut,” ujarnya. (*/EGOV)

Berita Terkait

Stay Connected

22,945FansSuka
3,441PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Terkini