MUSRENBANG KECAMATAN UPAYA PEMERATAAN PEMBANGUNAN SEGALA BIDANG By vhutravanjava -February 13, 2020

Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie membuka Musrenbang RKPD Kecamatan Singkawang Selatan, di aula Kantor Camat Singkawang Selatan Kamis (13/2/2020).
Wali Kota Singkawang berharap prioritas usulan pembangunan dapat menjawab kebutuhan warga sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.
“Tentunya usulan prioritas warga ini bisa menjadi program kerja tahun 2021,” harapnya.
Ia menambahkan selain delapan prioritas program kerja Pemkot Singkawang tahun 2021 Musrenbang kecamatan ini juga mampu melihat tujuan Musrenbang ini dalam upaya pemerataan pembangunan di segala bidang.
Diantara pemerataan pembangunan dimaksud adalah pemerataan pembangunan infrastuktur, pendidikan, kesehatan, peningkatan sarana prasarana publik, peningkatan pertumbuhan ekonomi, pemantapan kinerja aparatur birokrasi, penataan kawasan pelestarian lingkungan hidup dan pemanfaatan ruang, serta harmonisasi umat beragama dan kebudayaan.
Ia mengatakan prioritas usulan warga ini sangat penting. Pertama, katanya, agar mana yang menjadi kebutuhan bisa dijadikan program dan penyaluran serta pemanfaatannya tepat sasaran.
Kedua prioritas usulan pembangunan berguna bagi pemerintah daerah agar dapat menyesesuai dengan kemampuan keuangan daerah.
“Karena tidak semua usulan yang ada bisa jadi prioritas mengingat kemampuan keuangan daerah,” jelasnya.
Selanjutnya, tambah dia, penetapan prioritas usulan ini haruslah sinergi baik program pemerintah pusat, provinsi hingga pemerintah kota Singkawang. Sehingga usulan yang dijadikan program kerja pemerintah tepat sasaran dan tuntas menanggulangi masalah pembangunan.
Terkait dengan kemampuan keuangan daerah dalam mengakomodir usulan pembangunan warga, Tjhai Chui Mie beserta jajaran memiliki upaya kerjasama menambah uang masuk ke APBD Kota Singkawang. Caranya, tambah dia, melalui kerjasama dengan semua pihak mulai dari pemerintahan, anggota DPRD, hingga pihak swasta.
Dalam hal pemerintahan, kata Wali Kota, salah satunya ia meminta kepala dinas agar mempersiapkan proposal program kerja untuk diajukan ke pemerintah pusat. Dari segi sinergi dengan anggota dewan, pihaknya terus menjalin kerjasama dengan anggota DPR RI Dapil Kalbar, DPRD Singkawang tingkat provinsi Dapil Singkawang-Bengkayang, hingga DPRD Singkawang.
“Kerjasama yang kita bangun ini dalam upaya kita untuk agar pembangunan di Kota Singkawang tak hanya mengandalkan APBD kota Singkawang saja,” katanya.